Tips Tangki Penampung Air Tidak Berlumut

Jasa Bangun Rumah

Tips Tangki Penampung Air Tidak Berlumut

Tips Tangki Penampung Air Tidak Berlumut

AIK – Tangki air menjadi sesuatu yang sangat penting di rumah kita. Apalagi bagi kita yangsring dirumah. Tangki juga harus rajin kita bersihkan supaya selalu bersih dan tidak ada lumut. Kita pasti sebel kan kalau air yang kita pakai kotor karena tangkinya tidak pernah dibersihkan. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana membersihkan dan menjaga agar tangki tetap bersih.

 

Cara Membersihkan Lumut di Dalam Toren Rumah

1. Cat Minyak

cat minyak

Mula-mula kamu harus membuang terlebih dahulu air yang masih ada di dalam tangki. Alasan tumbuhnya lumut pada tangki adalah karena tak adanya cahaya yang masuk ke dalam toren. Maka dari itu catlah lapisan luar tangki air dengan cat minyak berwarna hitam dan putih. Mengapa harus dua warna? Warna hitam untuk lapisan pertam berguna untuk menggelapkan tangki agar sinar matahari tidak masuk ke dalam. Lapisan kedua yang berwarna putih berguna untuk memantulkan cahaya sinar matahari.

2. Scrubber atau Saringan Lumut

saringan lumut

Cara lain untuk membersihkan lumut yang ada di dalam toren adalah menggunakan scrubber atau saringan lumut. Cara ini bisa kamu pilih apabila ukuran tangki tidak terlalu besar. Buatlah suatu jenis saringan pada bagian sirkulasi atau inlet air sehingga lumut akan tertangkap disana.

3. Air Kapur

air kapur

Alternatif lainnya kamu bisa menggunakan air kapur. Air kapur memiliki sifat yang keras sehingga bisa membantu melepaskan lumut dari dinding tangki. Kamu bisa membeli kapur di toko bahan bangunan atau bisa juga memakai kapur tulis. Cara membuat adonannya sangat mudah hanya mencampurkan kapur yang sudah dibubukkan dengan air. Siramkan air kapur pada permukaan dinding atau lantai yang ditumbuhi lumut. Setelah itu, diamkan semalaman. Keesokan harinya, gosok permukaan dinding dnegan sikat lantai sampai bersih lalu bilas sampai tidak ada sisa lumput menempel.

4. Air Garam

air garam

Kamu bisa menggunakan perpaduan antara air panas dan garam. Cobalah buat racikan air garam dengan memasukkan 3 sendok makan garam dapur ke dalam 2 liter air bersih kemudian didihkan. Siram pada bagian tangki air kamu yang berlumut kemudian gosok dengan spon hingga bersih. Ulangi proses ini sampai lumut di dalam tangki kamu benar-benar bersih ya.

5. Cuka Putih

cuka putih

Cara lainnya ialah kamu bisa menggunakan cuka putih. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Ternyata manfaat lainnya bisa menghilangkan lumut membandel dalam tangki airmu. Caranya cukup campurkan cuka putih dengan air lalu siramkan ke area yang berlumut. Gosok-gosok hingga bersih jangan sampai sisa cuka masih tersisa. Ini bisa mengakibatkan lapisan dinding tangki air rusak apabila dibiarkan terlalu lama.

6. Kaporit

kaporit untuk lumut

Kaporit bisa kamu beli di toko-toko bangunan manapun. Tumbuk kaporit sapai halus lalu taburkan pada permukaan yang berlumut. Diamkan sampai satu jam agar reaksi kimianya bekerja secara maksimal. Siram kemudian cuci tangki air dengan air sabun Bilaslah sampai tidak terasa licin. Namun, pemilihan kaporit sebagai alternatif membersihkan tangki air sebaiknya menjadi pilihan terakhir saja. Karena penggunaan bahan-bahan kimia dapat membahayakan kesehatan kita apabila penggunaannya tidak sesuai.

7. Buatlah Jadwal Pembersihan Tangki Air

jadwal kalender

Walaupun kamu sudah melakukan banyak cara termasuk cara-cara di atas. Setidaknya kau harus enguras tangki setiap 3 – 6 bulan sekali. Karena jika kamu rutin melakukan pembersihan dan pengurasan tangki air tidak akan banyak lumut membandel yang menempel. Lumut bisa datang karena ada zat atau nutrisi pada air bersih kita.

Jangan lupa jaga kebersihan tangkinya yaaa, Semoga Bermanfaat 🙂

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat