Top 6 Desain Ruang Kerja di Apartemen Bagi Pekerja Freelance

Jasa Bangun Rumah

Top 6 Desain Ruang Kerja di Apartemen Bagi Pekerja Freelance

Top 6 Desain Ruang Kerja di Apartemen Bagi Pekerja Freelance

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDesain ruang kerja di apartemen memiliki hubungan yang erat dengan tingkat produktivitas seseorang. Sama seperti hubungan pekerja dengan ruang kantor. Setidaknya penelitian telah membuktikan itu. Karenanya, menciptakan ruang kerja yang nyaman, bagi kamu para pekerja freelance yang memutuskan kerja dari apartemen, mutlak kamu lakukan. Berikut ini top 6 desain ruang kerja di apartemen bagi pekerja freelance.

 

Tips Desain Ruang Kerja di Apartemen

Desain Ruang Kerja

Dengan segala kelebihan yang melekat pada pekerjaan yang dibuat dengan sistem freelancesistem kerja ini pada akhirnya terus tumbuh di berbagai negara. Tak terkecuali juga di Indonesia.

Salah satu kenikmatan yang ditawarkan bagi mereka yang kerja freelance adalah ruang kerja yang tidak selalu harus berada di dalam gedung perkantoran atau co-working space. Mereka bisa memilih untuk bekerja di kafe atau di taman. Bahkan, tak sedikit juga yang lebih memilih untuk berada di rumah atau apartemen pribadi.

Yang penting nyaman dan pekerjaan beres.

Sayangnya, bekerja di apartemen bagi sebagian orang terasa kurang maksimal karena ada banyak gangguan ataupun suasana yang tidak mendukung.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan semacam ini adalah dengan menata ulang sebuah ruangan di apartemen untuk dijadikan ruang kerja yang nyaman.

Untuk menata ulang ruangan tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan:

  • Punya pencahayaan yang baik. Pilih ruangan atau bagian dari ruangan yang punya pencahayaan baik. Coba tambahkan pencahayaan, kalaupun dirasa kurang. Pencahayaan yang baik sangat terkait dengan kenyamanan saat bekerja.
  • Utamakan fungsi. Fungsi jauh lebih penting dibanding nilai ekstetik ketika desain ruang kerja di apartemen. Jadi utamakanlah apa yang membuat kamu nyaman dan kamu butuhkan.
  • Sediakan Elemen Penunjang. Karena tujuan utama membuat ruang kerja adalah untuk membuat kerja kamu jadi lebih nyaman, jadi pastikan elemen-elemen penunjang ada di sana. Misalnya kabel tambahan, colokan listrik dan lain-lain.
Baca Juga :  Tips Memilih Lampu Tidur Anda

Desain Ruang Kerja di Apartemen

Kalau beberapa gal di atas sudah kamu pertimbangkan, kini saatnya kamu siap desain ruang kerja di apartemen. Ada beberapa desain yang bisa kamu tiru dan cocok sekali buat kamu para pekerja freelance, misalnya saja:

1. Ruang kerja minimalis dengan paparan sinar matahari yang cukup

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa, paparan sinar matahari dari luar ruangan mampu meningkatkan produktivitas kerja. Di samping itu, bekerja dengan cahaya yang redup bisa mengganggu kesehatan mata dan juga tubuhmu.

Jadi sebaiknya, pilih ruang kerja yang terkena sinar matahari secara langsung atau kamu bisa menatanya di dekat jendela.

Namun, paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan juga bisa membuat pandangan jadi silau. Oleh sebab itu, pastikan jendela berada di belakang atau di samping meja seperti gambar di atas. Kamu juga bisa memasang tirai untuk menghalangi cahaya matahari saat matahari terasa terlalu terik.

Meja kerja pun sebaiknya dibuat dengan desain minimalis sehingga terlihat rapi dan tidak membutuhkan terlalu banyak tempat. Tentu saja, desain seperti ini sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki apartemen dengan ukuran terbatas.

2. Memanfaatkan langit-langit yang tinggi untuk desain ruang kerja mezzanine

Desain Ruang Kerja

Apabila apartemen kamu memiliki langit-langit yang tinggi, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat ruang mezzanine sebagai tempat bekerja. Meski bakal membutuhkan budget renovasi yang cukup banyak, tapi percayalah ruang kecil semacam ini akan sangat berguna.

Kamu bisa mendesain ruang kerja tersebut sesuai karakter dan kebutuhan. Beri sentuhan dekorasi yang sesuai seperti hammock jika kamu ingin sekadar melepas lelah setelah seharian bekerja di depan laptop.

Jika sudah tidak bekerja di ruang kecil ini, kamu tentu bisa mengubahnya menjadi ruangan lain sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Tips Desain Ruang Keluarga Lesehan

3. Ruang kerja dengan partisi pemisah

Selain sulit menolak keinginan untuk rebahan, kendala lain yang kerap dirasakan oleh para pekerja freelance saat bekerja di apartemen adalah gangguan dari anggota keluarga lain. Pastinya, panggilan di sela waktu bekerja atau suasana yang terlalu riuh dari bincang-bincang keluarga bakal menyulitkanmu untuk fokus bekerja.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebaiknya pasang partisi atau tirai pemisah seperti gambar di atas. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia atau membelinya di toko perabotan rumah tangga.

Dengan begitu, kamu bisa memisahkan diri dan memberikan ruang privasi yang layak untuk dirimu ketika sedang bekerja. Bukan hanya itu saja, suasana yang terlalu ramai juga tidak akan mengganggu waktu bekerjamu.

4. Ruang kerja di sudut ruangan

Desain Ruang Kerja

Demi menghadirkan ruang kerja di apartemen yang nyaman bagi pekerja freelance tidak harus selalu memiliki ruangan khusus. Sebab, hal seperti itu sudah pasti sulit diwujudkan jika kondisi apartemen kamu berukuran mungil atau terbatas.

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan memilih sudut ruangan sebagai area bekerja supaya kamu lebih mudah bekerja tanpa gangguan.

Pilih perabotan yang sesuai, seperti meja yang dilengkapi dengan rak buku untuk meletakkan beberapa benda yang menunjang pekerjaan tersebut. Dijamin, kamu bakal lebih semangat bekerja meskipun tidak berada di kantor seperti orang pada umumnya.

5. Ruang kerja dengan hanging cabinet

Desain Ruang Kerja

Perlu kamu ketahui, hanging cabinet atau rak melayang bisa memberikan kesan luas dan tidak banyak properti yang menyita tempat. Rak seperti ini biasanya berfungsi untuk menyimpan buku, alat-alat tulis, folder, atau sekadar dekorasi ruangan.

Supaya kamu bisa menjangkaunya dengan lebih mudah, pastikan saja rak-rak yang menggantung tersebut tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, ketika kamu memerlukan sesuatu tidak perlu susah payah menarik kursi atau naik tangga untuk mendapatkannya.

Baca Juga :  Tips Merawat Wallpaper Dinding

Hanging cabinet atau rak gantung ini bisa meningkatkan nilai estetika jika kamu menatanya dengan baik. Biasanya, rak semacam ini terdapat pada desain apartemen minimalis yang memang mengutamakan kesederhanaan dengan penggunaan perabotan terbatas.

6. Ruang kerja geometris yang artistik

Meski tempat kerjamu bukan sebuah ruangan khusus, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mendekorasinya dengan gaya yang artsy. Kamu bisa berkreasi dengan menampilkan dinding berwarna variatif di setiap bagiannya.

Selain itu, kamu juga bisa menghadirkan kesan geometris di setiap dekorasi dan perabotan. Mulai dari kursi, karpet, ataupun sekadar pot tanaman yang bisa menyegarkan suasana di ruangan tersebut seperti halnya gambar di atas.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat